Gerakan Menanam Pohon Indonesia di Kab.Rejang Lebong

Cukupkah hanya dengan rasa keprihatinan atas kerusakan hutan dan berdampak pada pemanasan global (global warming) ? Tentu tidak, karena masih diperlukan usaha nyata yang merupakan pekerjaan mulia bisa turut menyelamatkan bumi dari kerusakan yang lebih parah, meskipun hanya mampu menanam satu pohon. Gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia 2012Kab.Rejang Lebong,  memahami betapa besar manfaat dan pahala menanam pohon, besar kemungkinan setiap waktu dan kesempatan akan berupaya untuk menanam pohon. Bahkan Rasullulloh Muhammad SAW bersabda : “Muslim yang menanam tanaman (termasuk pohon) dan sebagian hasilnya dimanfaatkan oleh burung, binatang, atau manusia, melainkan tercatat untuknya sebagai suatu shodaqoh. Yang menanam tanaman itu tetap mendapat pahala selama pohon itu berbuah (menghasilkan) dan ada yang makan dari padanya (HR. Bukhari Muslim)”.

Sungguh luar biasa manfaat dan pahala yang diperoleh, apalagi pohon yang ditanam dapat berumur puluhan bahkan ratusan tahun, seperti tanaman pala, alpukat, rambutan, mangga, karet, aren dan tanaman kayu-kayuan seperti Bambang Lanang, sengon, suren, mindi, dll.

Menyadari akan pentingnya menanam pohon karena dapat mengurangi kerusakan hutan dan Global Warming, pemerintah dalam hal ini Kementrian Kehutanan telah memprogramkan menanam SATU MILYAR POHON dan untuk tahun 2012 telah diterbitkan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor : P.16/Menhut-II/2012 tentang Panduan Penanaman Satu Milyar Pohon 2012 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 3 April 2012.

Maksud dan tujuan Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon adalah :

  1. Sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian,kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon;
  2. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk mitigasi perubahan iklim dan rehabilitasi hutan dan lahan. (Sumber : Permenhut Nomor : P.16/Menhut-II/2012)

Adalah menjadi tugas Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rejang Lebong dalam rangka mensukseskan program pemerintah, penanaman minimal 1 milyar pohon pada tahun 2012. Untuk mencapai program tersebut bukanlah hal yang mudah, tetapi tidaklah terlalu sulit manakala kita punya niat dan komitmen untuk melaksanakan.

Kegiatan penanaman pohon tahun 2012 di Kabupaten Rejang Lebong, dimulai pada bulan Pebruari 2012 dan puncaknya dilaksanakan pada tanggal 28 nopember 2012 yang merupakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).Kemudian digiatkan secara menerus di bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Indonesia (BMPI) danGerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon Indonesia (GPTPPI). Untuk suksesnya kegiatan ini, kami mendapat support luar biasa dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Ketahun, Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK dan Dharmawanita Persatuan Kabupaten Rejang Lebong, tentu saja para rimbawan Dishutbun dan Darmawanita Persatuan (DW) Dishutbun, rimbawan TNKS, dan bantuan dari beberapa mitra seperti Bank Rakyat Indonesia Cabang Curup, dan Distributor pupuk dan alsintan.

Merupakan sejarah tersendiri dari Dishutbun Rejang Lebong pada 28 Desember 2012, keterlibatan internal para rimbawan Dishutbun, dan Camat Bermani Ulu Raya (BUR) beserta simpatisan sebanyak 150 orang (selama ini biasanya berkisaran 10-15 orang) bergotong royong menanam pohon jenis Pala dan Bambang Lanang sebanyak 500 pohon di Bumi Perkemahan Pramuka Desa Pal VIII Kec. BUR. Sungguh luar biasa dan bangga bisa menanam pohon, dan sempat diliput oleh media Antara Cabang Bengkulu.

Guna lebih mensukseskan Pencanangan HMPI dan GPTPPI,pada tanggal 1 Desember 2012 bertempat di Desa Bandung Marga Kec. BUR dilaksanakan pencanangan oleh Bupati Rejang Lebong yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Bapak Drs. Sudirman, yang membacakan naskah Pidato Bapak Menteri Kehutanan Republik Indonesia pada acara HMPI. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bibit (pohon) secara simbolis kepada 15 Camat yang ada dalam Kab. Rejang Lebong dan penyerahan secara simbolis bibit untuk Ketua Tim PKK Kecamatan oleh Ibu Ketua DW Persatuan Rejang Lebong yang mewakili Ibu Ketua TPKK Rejang Lebong yang berhalangan hadir, karena masih mendampingi Bapak Bupati yang dinas ke luar daerah.

Pada Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD Kab. Rejang Lebong dan Bpk/Ibu anggota FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), Para pejabat eselon II, III dan IV, para lurah dan kepala Desa se Kecamatan BUR, masyarakat dan siswa. Pada acara tersebut juga dilakukan acara bhakti sosial (baksos) yang dipelopori dan dibiayai TPKK Rejang Lebong seperti berobat gratis, sunat gratis, KB gratis, pemberian beasiswa, gerakan minum susu untuk siswa dan salon gratis oleh DW persatuan Rejang Lebong.

Pada Acara Pencanangan HMPI dan GPTPPI dilakukan penanaman oleh Pejabat Daerah dan Kepala BRI cabang Curup yang menyumbang 100 pohon Pala dan 100 pohon Alpukat. Pada acara tersebut dapat ditanam 1.000 batang Bambang Lanang, 275 batang Pala, 125 batang alpukat, 75 batang rambutan, 25 batang masing-masing mangga dan kelengkeng. Total penanaman mencapai 1.525 batang pohon. Kemudian untuk Kebun Bibit Rakyat (KBR) di Kecamatan BUR sebanyak 125.000 batang pohon untuk 5 kelompok tani. Sampai saat ini Kabupaten Rejang Lebong sudah menanam sebanyak 1.095.800 batang pohon, dengan luas lahan yang sudah ditanam melalui kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) pada hutan rakyat 200 Ha dan Penanaman pohon hasil bibit KBR tahun lalu sebanyak 2.500 Ha. Sepanjang bulan Desember 2012, akan dilaksanakan penanaman dan kegiatan Bhakti sosial yang di prakarsai TPKK Kabupaten Rejang Lebong bekerjasama dengan Dinas/instansi lintas sektor.

Komentar Facebooker

comments


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>